Menyambung Ide - Menyumbang Pemikiran www.bisnismikro.com.

Bisnis Mikro

Bisnis Mikro » Page 'Mengenal Bisnis Makanan'

Mengenal Bisnis Makanan

Menurut sebagian pakar bisnis, bisnis makanan adalah bisnis yang tidak mengenal krisis karena semua orang pasti harus makan. Mengelola bisnis makanan dapat dimulai dari modal dengkul sampai dengan modal milyaran rupiah. Kita dapat melihat begitu banyak restoran, cafe, pusat jajanan, hingga warung sekelas warung padang dan warung tegal.

Banyak orang yang mencoba membuka usaha makanan karena melihat bisnis ini sangat mudah untuk dimasuki. Tapi menurut saya yang terpenting untuk bisa sukses adalah mengetahui seluk beluk bisnis ini serta mencintai (hasrat) terhadap makanan yang dijual.Dan yang terpenting lagi adalah mengetahui selera pembeli :) tentu saja… plus layanan (service) yang sempurna.

Kita dapat membuat unik atau mempunyai ciri khas terhadap bisnis makanan kita, sehingga diharapkan akan tercipta sebuah “brand” terhadap produk makanan kita. Membuat sebuah konsep bisnis makanan yang kuat dan unik adalah sebuah tantangan tersendiri.Memadukan ilme dan seni juga berlaku untuk bisnis jenis ini.

Yang tak kalah pentingnya adalah adanya sistem yang baik dalam bisnis ini, termasuk didalamnya adalah pola pemasaran (marketing) terhadap produk makanan yang kita jual. Akhir-akhir ini banyak bermunculan sistem franchise (waralaba), terutama untuk bisnis makanan. Sistem franchise (Waralaba) adalah suatu sistem pendistribusian barang atau jasa kepada pelanggan akhir, dimana pemilik merek (franchisor) memberikan hak kepada individu atau perusahaan untuk melaksanakan bisnis dengan merk, nama, sistem, prosedur dan cara-cara yang telah ditetapkan sebelumnya dalam jangka waktu tertentu meliputi area tertentu (definisi dari Asosiasi Franchise Indonesia).

Nah, bagi yang tidak mau pusing memikirkan produk maupun sistem penjualannya, namun memiliki modal yang cukup, apa salahnya menggunakan model waralaba ini. Modalnya bervariasi tergantung produk dan sistem yang digunakan.

Posted in Bisnis Makanan

Leave a comment

Top of page | Subscribe to new Entries (RSS) | Subscribe to Comments (RSS)